RUMAH DUNIA

rumahku rumah dunia kubangun dengan kata-kata

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

LOMBA PENULISAN SKENARIO FILM

E-mail Print PDF


Berhadiah Total Rp. 172,5

JAKARTA - Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata RI kembali menggelar Lomba Penulisan Skenario Film Cerita memperebutkan hadial total Rp 172,5 juta itu.

"Lomba ini untuk meningkatkan apresiasi masyarakat Indonesia terhadap film dalam Negeri," kata Dr Sri Hastanto, Dirjen Nilai Budaya, Seni, dan Film, di Gedung Sapta Pesona, Medan Merdeka Barat, Jakarta, kemarin.

Lomba serupa pernah digelar tahun 2004. Dari 257 naskah skenario film yang dikirim ke panitia kala itu, dua naskah telah diproduksi menjadi film. Yakni, "Panggung Pinggir Kali" dan "Anne Van Jogja".

Sri Hastanto menambahkan, meningkatnya apresiasi masyarakat terhadap lomba penulisan naskah skenario film dengan sendirinya film-film yang meminggirkan logika dan cenderung tidak mendidik akan punah dengan sendirinya.

Lomba ini terbuka untuk umum, dengan syarat warga negara Indonesia, tema bebas, panjang karangan 90 - 120 halaman, atau untuk film cerita berdurasi 90 - 120 menit. Naskah menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, dikirim terjilid rangkap 2 (dua), dilengkapi sinopsis, biodata, dan alamat penulis, serta menyertakan disket atau CD jika ditulis dalam format digital.

Naskah dikirimkan ke sekretariat Program Film Kompetitif, Gedung Sapta Pesona Lantai 21, Jl. Medan Merdeka Barat No. 17 Jakarta, 12 September-12 November 2005 (cap pos).

Lomba ini melibatkan dewan juri atau Tim Pembahas Naskah yang terdiri atas Titi Said, Nano Riantiarno, Arswendo Atmowiloto, Armantono, Djenar Maesa Ayu, Yudhistira ANM Massardi, dan Jujur Prananto. "Meski nilai rasa dan latar belakang penilaian kami (para anggota tim penilai) terhadap naskah skenario berbeda-beda, kami memastikan penilaian kami tetap objektif," tutur Djenar Maesa Ayu, yang diamini Nano Riantiarno, dan Arswendo. (G20-43)

Joomla Templates and Joomla Extensions by ZooTemplate.Com